Rabu, 28 Januari 2009

JANGAN MAKAN IKLANNYA


PARODI IKLAN POLITIK

Buku harian Mas Bejo

Waktu lihat iklan politik di tv Mas Bejo Cuma geleng-geleng kepala dan pingin ketawa, inikah wajah perpolitikan Indonesia?

IKLAN BBM

Waktu harga minyak dunia turun dratis, para ahli dan pengamat (ahlinya ngamat-ngamati, prakteknya yo mbuh..) mengusulkan untuk menurunkan harga BBM, pemerintah diam seribu bahasa. Tapi begitu ahli iklan bilang bahwa turunnya BBM akan mendongkrak citra pemerintahan dan pemimpin pemerintahan. Presiden lebih percaya sama ahli iklan, mau buktinya? Begitu harga BBM turun Rp 500 turun lagi Rp 500 dan akhirnya turun lagi Rp 500 tidak begitu lama iklan partai muncul di tv: turun lagi turun lagi turun lagi. 

Pertanyaan Mas Bejo: Presiden lebih percaya dengan ahli iklan? Kok lama dan bertahap. jangan-jangan sengaja diulur-ulur menunggu iklan siap tayang.

Reaksi Parpol atas turunnya BBM:

PDIP kenapa turunnya kok cuma Rp 1.500,- sehingga harga premium Rp 4.500,- kalau PDIP yang berkuasa pasti bisa turun sampai Rp 2.800,- (maklum PDIP dapat no.urut 28) 

Golkar kita saat ini kan jadi Wapres, kalau presidennya dari Golkar premium pasti turun menjadi Rp 2.300,- (maklum no urut Golkar 23)

Mas Bejo:  seolah-olah mereka belum pernah berkuasa dan terlibat dalam pemerintahan, kalau memang  nggak mampu ya gentian dong sama angkat 80-an. Waktu dulu menaikkan BBM kok nggak   dibuat iklan yaa… (Mungkin bunyi iklannya: naik lagiiii ah.. naik lagiii ah..) Harga lain nggak turun, harga nggak turun, harga nggak turun mestinya juga jadi iklan.  


IKLAN HASIL KERJA PARTAI

Partai Golkar bersama ketua umumnya yang jadi Wapres, wakil ketua DPR, para anggota DPR dst dst telah turt serta menurunkan harga BBM, menurunkan angka pengangguran, meningkatkan ini meningkatkan itu dst…

PDIP berjuang bersama anda dengan program menurunkan sembako

Mas Bejo : seolah-olah Negara ini hanya milik mereka, lhaa wingi pas berkuasa kemana saja?

IKLAN PETANI DAN NELAYAN

Saya membawa pesan petani dan nelayan Indonesia, makanlah produk segar dari petani kita dan nelayan kita. Saya adalah ketua petani (bunga ? Bank?) dan ketua Nelayan

Mas Bejo: betulkah kesehariannya hanya makan dan belanja produk dalam negeri? Pas nelayan Indonesia ditangkep di Australi kok nggak muncul membela yaa…. terus yang diiklan dikemanakan?

JANJI IKLAN DAN LANGKAH NYATA

Ada lagi PKS yang karena melakukan demo besar-besaran untuk membela Palestina yang sedang diserbu Israel (dan itu telah dibuktikan dengan langkah nyata mengumpulkan dana bantuan ke Gaza Palestina) eee sama Panwaslu malah dilaporin ke POLRI dituduh melanggar aturan kampanye. Pihak Kejagung dan POLRI beranggapan PKS tidak melanggar aturan, tapi Panwaslu tetap ngotot melaporkan ke POLRI, otomatis pihak Penyidik POLRI setelah melakukan penyelidikan dan memanggil tersangka yaa mengelurkan SP3 (Surat Pemberitahuan Penghentian Penyidikan) karena tidak cukup bukti. Herannya Panwaslu tetap ngotot bahkan mau melaporkan penyidik POLRI ke Komisi Kepolisian dan akan melakukan sanksi administrasi kepada PKS.

Mas Bejo : lhaa yang melakukan langkah nyata malah dituduh kampanye terselubung, yang janji-janji iklan tapi janji doang nggak diapa-apain. Atau jangan-jangan sebentar lagi para anggota Panwaslu, Panwasda DKI dan Panwas Jakpus akan mendapat "penghargaan" dari Israel

Catatan terakhir:

Para politisi faham benar bahwa mereka tak perlu dekat dengan masyarakat, yang penting duit banyak dan bikin iklan guna membangun citra yang baik dengan janji manis seolah merekalah yang akan membela rakyat, toh masyarakat kita bodo-bodo dan gampang lupa. 

Gambar Wayang: Patih Sengkuni, tokoh politik dalam pewayangan, menghalalkan segala cara, licik (hampir mirip-mirip sebagian politisi kita?).


kaos ukuran besar XXXXXL
JANGAN MAKAN IKLANNYA
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

10 komentar