Senin, 27 April 2009

PORTER DI STASIUN GAMBIR

Pagi itu sekitar jam 05.15 WIB saya baru sampai di stasiun Gambir untuk perjalanan rutin (orang bilang PJKA= pulang jumat kembali ahad). Tidak ada sesuatu yang istimewa yang ada di stasiun, semuanya biasa saja dan hanya rutinitas yang terjadi, penumpang yang baru datang, penumpang yang menunggu dan penumpang yang pergi. Namun sambil menuju tangga keluar pandangan saya tertuju pada sekitar 3 orang porter yang sedang berusaha untuk membuka pintu kereta yang mau berhenti. Sambil berlari mereka berusaha membuka pintu kereta dan nampaknya mengalami kesulitan. Dengan bersusah-payah akhirnya terbukalah pintu dan mereka masuk untuk menawarkan jasa membawa barang. Saya tidak mengetahui apa yang terjadi dalam kereta, tapi nampaknya tidak ada penumpang yang memakai jasa mereka karena terlihat mereka keluar tanpa membawa barang.
       

Itulah keseharian mereka. Setiap ada kereta dari luar kota yang masuk mereka akan berlari dan berusaha masuk ke gerbong kereta api. Mereka lakukan dari kereta ke kereta tanpa menyerah. Mereka selalu optimis bahwa kereta yang baru datang adalah merupakan harapan akan adanya rejeki yang mungkin mereka dapat. Mereka telah menerapkan etos kerja yang luar biasa. Pada akhirnya setelah berusaha mereka akan bilang bahwa rejeki sudah ada yang mengatur, mereka mensyukuri dengan apa yang mereka peroleh.
       

Saya jadi berfikir mereka yang berusaha dengan susah payah, hasil mungkin tidak seberapa tapi tetap optimis dan tetap bersyukur dengan yang ada, kenapa kita kadang tidak optimis tidak bersyukur (ini hanya dari satu sisi saja lho.. ) padahal yang kita peroleh jauh lebih banyak. Mungkin mereka tidak tahu apa definisi dan arti tawaqqal, namun dalam kehidupan sehari-hari mereka telah mempraktekkannya. Saya jadi teringat salah satu ayat dalam Al qur’an surat Arrakhman yang artinya: maka nikmat Tuhan yang manakah yang kamu dustakan? 
      
Jadi.... jangan remehkan siapapun, apapun profesi dia, karena di mata Alloh Swt. bisa-bisa dia lebih mulia dari kita..
     
Keterangan Foto:
Para porter berbaris (sebelah kanan) di Stasiun Gambir menanti kedatangan kereta, walaupun kereta belum masuk (baru terlihat lampunya saja)


silahkan lihat: tulisan ttg Stasiun Gambir

kaos ukuran besar XXXXXL
PORTER DI STASIUN GAMBIR
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

19 komentar