Jumat, 09 Juli 2010

GENTENG SOKKA



Dimanakah gerangan SOKKA itu? Kalau yang biasa naik kereta, diantara stasiun Karanganyar dengan Stasiun Kebumen terdapat Stasiun SOKKA. Sokka lebih dikenal gentengnya daripada daerahnya. Sokka merupakan nama salah satu dusun di Kecamatan Pejagoan dan masuk wilayah Kabupaten Kebumen.
             
Nama SOKKA menjadi jaminan  genteng berkualitas tinggi. Wajar kalau kemudian muncullah nama genteng SOKKA yang tidak benar-benar berasal dari SOKKA. Sebagai contoh di daerah Godean Jogjakarta, terdapat juga genteng dengan nama Genteng SOKKA “Godean”. Meskipun saya bukan ahlinya, kalau ada dua genteng yang satu dari SOKKA yang satu ngaku namanya SOKKA, saya pasti bisa membedakan, misalnya dari berat genteng dan tampilan fisik genteng tersebut.
    
SEJARAH GENTENG SOKKA
     
Kompas edisi 27 Juni 2009 pernah mengulas tentang genteng sokka antara lain:
"Terletak hanya sekitar 500 meter dari Stasiun Sokka di Pejagoan yang sudah puluhan tahun tak beroperasi, terdapat satu pabrik tua yang masih memproduksi genteng, yakni AB Sokka. Perusahaan itu termasuk yang paling awal berdiri, sekitar tahun 1930. Pemiliknya almarhum Abu Ngamar mendatangkan mesin pres dari Jerman. Karena berkualitas baik, produknya banyak digunakan untuk atap sejumlah pabrik gula di Jawa.   Saat ini di lokasi pabrik itu masih dapat ditemui cerobong pembakaran genteng yang kuno, meski sebagian tak lagi digunakan. Demikian pula dengan deretan ruang penyimpanan genteng. Pola pikir higienis pengusaha ketika itu juga sudah tampak dari sisa rel dari dalam pabrik yang tersambung menuju Stasiun Sokka. Mereka memanfaatkan stasiun kecil itu sebagai sarana pengiriman produk. Dari dalam pabrik mereka menggunakan lori kecil. Berdasar penuturan sejumlah warga setempat, lori itu mulai dibangun generasi kedua pemilik Genteng AB Sokka pada tahun 1950-an. Usaha itu sempat terguncang selama revolusi fisik berlangsung. Namun, setelah pemulihan itu, genteng AB Sokka terus menanjak hingga naik daun hingga periode 1970-1980.  Pemerintah saat itu bahkan merekomendasikan genteng Sokka untuk digunakan di gedung pemerintah. Kesuksesan AB Sokka mendorong pengusaha lainnya sehingga menjamurlah industri genteng Sokka, terutama di Pejagoan".

Saat ini produsen genteng SOKKA dapat dilihat sepanjang jalan antara di Kecamatan Sruweng dan Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen. Kini genteng sokka harus bersaing dengan genteng dari beton dan keramik. Kualitas masih sama, tapi selera pengguna berubah seiring dengan perubahan dan trend di bidang perumahan.

Bagi temen2 yang  mau pesen genteng sokka berkualitas bisa hubungi:

Perusahaan Genteng "SUPER SKD SOKKA"  yang dimiliki oleh Bp Akhmad Barokah telp (0287) 381574    di sini tersedia berbagai jenis genteng misalnya Morando, Magas, Plentong tentunya dengan harga bersaing dan kualitas prima.


catatan : foto di atas diambil secara on the spot saat naik mobil di daerah penghasil genteng sokka

kaos ukuran besar XXXXXL
GENTENG SOKKA
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

30 komentar