Senin, 07 September 2009

Buka Puasa Bersama

Masjid Prasojo. Demikian nama mesjid tersebut yang berlokasi di Mojosari, Baturetno, Banguntapan, Bantul, mesjid di mana sehari-hari kami dan warga sekitar melaksanakan ibadah shalat berjamaah, kegitan pembinaan dan keilmuan, pengajian dan kegiatan keislaman lainnya punya cara unik dalam salah satu dari sekian banyak kegiatan romadhon adalah buka bersama setiap hari Ahad. Kalau hari-hari biasa hanya menggunakan minuman dan snak pembuka saja, maka khusus hari Ahad dilakukan buka bersama melibatkan seluruh warga dan dengan menggunakan makan "besar". Dari bapak-bapak, ibu-ibu, remaja dan anak anak sampai anak balita maupun yang masih digendong semua ikut menikmati acara buka bersama. Bukan makanannya yang menarik tapi jalinan silaturakhim antar jamaah dan keberkahannya (insya Alloh).
    
Dengan berbagai profesi dan kesibukan yang berbeda, ada yang dokter spesialis, dokter umum, tukang akuntan, pegawai negeri pegawai swasta, dosen, notaris, marketing, petani, buruh, pelajar, mahasiswa semua duduk  penuh kebersamaan tanpa membeda-bedakan profesi di atas tikar dan karpet.





Di saat orang-orang masih melakukan persiapan di rumah, ibu-ibu yang bertugas sudah terlebih dahulu bekerja keras, lihatlah hasil kerja mereka. Karpet yang sudah terbentang di samping masjid dan barisan minum yang sudah menunggu para jamaah



 

Makanan yang tersaji sore hari juga tidak lepas dari "perjuangan" ibu-ibu yang bertugas yang mungkin mulai mempersiapkannya dari pagi hari. Makasih yaa ibu-ibu semua, semoga "perjuangan" ibu-ibu mendapat tambahan pahala. Amiin (kalau bapak-bapak dapat pahala dari mana yaa?). Menu hari Ahad ke 3 ini adalah Tongseng Ayam (mungkin biar netral yaa, kan ada yang nggak makan daging kambing), kerupuk, acar dan teh manis dilengkapi buah kelengkeng 5 butir (kalau 5 kilo kan pasti nggak habis).
Ini saya foto dari depan saya duduk (jangan curiga yaa kalau saya makannya 2 porsi he he he... )





Ceramah menjelang buka bersama diisi oleh Ust. Ikhwanul Muslimin, seorang notaris (pengurus INI DIY) dan juga mempunyai gerai busana muslimah

 

Di halaman masjid, peserta  remaja putri, anak-anak, batita dan ibu-ibu
sudah mulai bersiap-siap

 


Suasana detik-detik  menjelang buka puasa, suasana sudah agak gelap 



Keceriaan, kebahagiaan dan keseriusan menghiasi wajah  jamaah
Ya Alloh berikanlah berkah buat kami semua... Amiin
( untuk sementara seberat apapun permasalahan yang kita punya sudah nggak kepikiran seandainya punya utang, atau mertua lewat barangkali  dicuekin he he he)



Alhamdulillah akhirnya sampai juga, setelah itu dilanjutkan shalat magrib berjamaah.....
wah betapa nikmat indahnya puasa ini....
-----oooOooo-----



disetiap acara pasti ada seksi sibuknya
seksi sibuk, remaja putri ikut mencuci piring dan gelas seusai buka puasa
oooo0)O(0oooo
Artikel yang berkaitan:

kaos ukuran besar XXXXXL
Buka Puasa Bersama
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

43 komentar