Rabu, 21 Oktober 2009

Hadist dan Ulumul Hadist (CD Interaktif)


Pengantar:

Waktu mengikuti ceramah subuh  di salah satu masjid di daerah Jakarta Selatan yang disampaikan oleh Ustad DR. Ahmad Lutfi Fathulullah, MA (doktor dalam bidang ilmu hadist) salah satunya adalah membahas tentang hadist serta rencana beliau untuk meluncurkan CD Interaktif Hadist dan Ilmu Hadist. Waktu itu saya sempat nanya-nanya kepada beliau. Cuma saat pastinya kan belum jelas, akhirnya saya nyari di google dan memperoleh infonya. Buat yang tertarik mendalami hadist menurut saya sih sangat perlu membeli, toh harganya nggak mahal Rp 50 rb ditambah ongkos kirim. Ada juga bonus kitab-kitab hadist rujukan dalam bentuk file pdf. Cuma mungkin perlu diketahui kalau materi Ulumul Hadist memang untuk awam, tapi kitab-kitab yang lain semuanya dalam bahasa arab.
Waktu itu saya beli 4 keping dan saya hadiahkan ke ustad di Jogja. Saya salut dengan upaya dan kegigihan Ustad DR. Ahmad Lutfi Fathulullah, MA dalam mengumpulkan bahan dan menyusun CD ini. Mudah-mudahan upaya Beliau dan Tim mendapat balasan yang setimpal dari Alloh swt. Amiin.

Hadist dan Ulumul Hadist 

Hadis Rasululah SAW disepakati oleh para Ulama di seluruh dunia Islam, merupakan sumber hukum Islam yang utama. Kebutuhan Umat Islam akan tuntunan Rasulullah SAW yang terekam dalam hadis-hadis beliau sangatlah penting. Dalam tataran konsep, kita memang membutuhkan al-Qur’an dibandingkan Hadis. Namun dalam tataran amaliah, seorang muslim lebih memerlukan hadis ketimbang al-Qur’an.


Tapi tidaklah semua Hadis dapat dijadikan sandaran, karena tidak semua hadis benar-benar bersumber dari Rasulullah SAW. Dalam Ilmu Hadis dikenal dengan beberapa pembagian: ada yang Sahih, ada yang Hasan, dan ada juga yang dha’if (lemah), bahkan ada yang palsu. Hadis palsu dan yang lemah sekali, tidak dapat dijadikan dalil dan tuntunan. Nah, apakah anda bisa mengetahui ciri hadis palsu? Apakah mengetahui kenapa sebuah hadis dikatagorikan sahih, dan yang lain tidak ?


Jika kitab Al-Qur’an hanya satu, kitab-kitab Hadis sangatlah banyak. Ada Sahih al-Bukhari dan Sahih Muslim, ada juga Mu’jam al-Tabarani, Syu’ab al-Iman karya al-Baihaqi, ada Tsawab al-A’mal karya Abu al-Syaeikh serta ratusan kitab hadis lain, bahkan banyak kitab-kitab yang memuat hadis-hadis palsu. Jadi kitab mana yang boleh dijadikan rujukan ?


CD Interaktif ini menjawab semua itu dan mengajarkankan penggunanya mengetahui dasar-dasar ilmu hadis. Disusun oleh DR. Ahmad Lutfi Fathulullah, MA, dosen hadis dan ilmu hadis di lebih dari sepuluh program pascasarjana, tiga program strata satu dan di banyak majlis-majlis ta’lim serta kader Muballigh. Dari Pengalamannya itu, serta pengembaraannya mengkaji hadis dan ilmu hadis di Syria, Jordan dan Malaysia, menjadikan metode belajar Ilmu Hadis yang ditawarkan dalam CD Interaktif ini, mudah, menyenangkan, luas dan dapat dipertanggungjawabkan.

* Program ini adalah CD Interaktif berbasic program Flash 8.

* Konsentrasi Kajian adalah Hadis dan Ilmu Hadis

* Orisinil dibuat oleh DR. Ahmad Lutfi Fathullah, MA, dibantu asisten dan programer oleh team.

* Terdapat lebih dari 5.200 file/slide/lembar yang terintegrasi dalam satu program

* Merupakan Program Baru yang belum ada sebelumnya, terutama dalam bahasa Indonesia, (begitu juga      dalam bahasa Arab & Inggris sepanjang pengetahuan penulis).

* Sangat mudah penggunaannya,

* Terdapat banyak pilihan, mulai dari indek, sampai tombol pencarian/search.

* Cocok digunakan untuk Dosen, Ustaz, Mahasiswa atau masyarakat umum yang ingin belajar lebih dalam lagi tentang ilmu hadis.

Lha kalau mau beli caranya gimana?
Terus terang saya nggak jualan, saya merasa senang dengan upaya ini sehingga saya ikut mempopulerkan di blog ini. Tapi waktu itu saya menghubungi HP ini  0857 11 222 966 nanti akan dikasih tahu proses pemesanan, berapa harganya dan ongkos kirimnya serta transfer ke rekening mana.

kaos ukuran besar XXXXXL
Hadist dan Ulumul Hadist (CD Interaktif)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

24 komentar