Selasa, 20 Oktober 2009

Gula Jawa (Gula Kelapa)

Waktu kemarin meng-"audit" dapur kok saya tertarik dengan manisnya gula jawa atau gula kelapa ada juga yang bilang gula merah atau dalam beberapa tulisan disebut palm sugar atau coconut sugar. Saya tertarik karena gula tersebut adalah oleh-oleh dari daerah penghasil gula kelapa di pesisir pantai Petanahan kabupaten Kebumen, yang terkenal adalah dari desa Munggu.. Sepanjang 3 kilometer dari garis pantai selatan pulau jawa adalah daerah penghasil gula jawa/gula kelapa dengan kualitas sangat bagus.

Kualitas tersebut bisa dilihat dari warna gula jawa (semakin putih semakin bagus), kadar air dan juga daya tahan gula (semakin bagus semakin tahan lama).

Saya pernah bandingkan kualitas gula di daerah Purwokerto dan gula di desa saya (kurang lebih 5 km dari garis pantai) dengan gula yang dihasilkan oleh daerah pinggiran pantai. Memang secara kasat mata bisa terlihat bedanya.

Secara ilmu saya yang tidak tahu tentang reaksi kimia, ada alasan kenapa gula di daerah pantai lebih bagus dibandingkan daerah yang jauh dari pantai:
   
  1. Bahan baku berupa nira dari pohon kelapa di daerah pantai mempunyai kadar air yang lebih rendah dan mempunyai kadar gula yang lebih tinggi
  2. Karena kadar air lebih rendah maka untuk mengolah air nira pohon kelapa menjadi gula kelapa membutuhkan waktu yang relatif  sebentar sehingga gula tidak berubah warna menjadi warna hitam (arang) 
sedangkan untuk daerah yang jauh dari garis pantai yaa tinggal dibalik saja: kandungan air niranya lebih besar, kandungan gula lebih rendah sehingga membutuhkan waktu memasak yang lebih lama.Otomatis kalau gula bereaksi dengan panas maka dia akan menjadi hitam, semakin lama semakin hitam. Nggak percaya? Coba saja. Toh saya juga nggak nyoba kok.
   
Kita bisa lihat kan kualitas dari foto di bawah ini?
Yang hitam kira-kira cocoknya untuk apa yaa? Mungkin bahan baku kecap yaa....
 


Apa sih manfaat gula kelapa (Gula jawa)?
Menurut para ahlinya, gula kelapa mempunyai manfaat antara lain
       
  1. Bisa untuk oleh-oleh ke tetangga, misalnya anda melewati daerah penghasil gula kelapa terus beli 20 kg gula kelapa, sementara nggak  sempet beli oleh2 yang lain yaa sudah bagi saja gula kelapa ke tetangga sebagai oleh-oleh. Kalau 1 tetangga dapat setengah kg berarti kan ada 39 tetangga yang dapat (asumsinya kita juga hanya nyimpen setengah kilo, kalau nyimpen 1 kg berarti ada 38 tetangga yang kebagian, betul nggak?) Nggak mungkin kan kita mampu menghabiskan 20 kg gula kelapa sendirian?
  2. Bisa bikin kue yang manis dan enak yang tidak bisa diganti dengan gula pasir, misalnya kue apa yaa??
  3. Bisa bikin minuman yang manis dan segar, idem no 2
  4. Bisa bikin orang yang tadinya tidak manis menjadi manis, caranya? Rendam 20 kg gula jawa ke dalam 40 lt air dan pakailah untuk mandi/lulur dijamin rasanya menjadi manis.
  5.  Terakhir bisa buat nimpuk orang yang nggak disukai ( ini kalau kondisi terpaksa sekali, batu sudah nggak ditemukan, piring atau benda lain yang mau dilempar sudah nggak ada yaa terpaksalah pakai gula kelapa, habis emosi mau pakai apa lagi?) 
   
Sebenarnya masih banyak lagi yaaa, biar para pembaca punya kesempatan, silahkan komentar semau-maunya.

kaos ukuran besar XXXXXL
Gula Jawa (Gula Kelapa)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

19 komentar