Selasa, 24 November 2009

Penonton Kecewa


Gonjang ganjing lakon Cicak dan Buaya  nampaknya masuk pada episode yang menentukan. Sebagai penonton saya bukanlah siapa-siapa. Saya bukanlah wayang baik wayang yang ada di pinggiran, wayang yang ada di kotak apalagi wayang yang menjadi lakon yang langsung dipegang oleh sang dalang.  Sekali lagi saya adalah sekedar penonton.

Terselenggaranya pertunjukan wayang tidak lepas dari pihak-pihak yang berkepentingan antara lain: dalang, asisten dalang, sinden, niyaga (pemain gamelannya) dan wayang (wayang yang dimainkan dalang, wayang yang sekedar di tancapkan di pinggiran dan wayang yang ada di kotak). Pihak lain yang juga penting yang punya gawe dan kerabatnya dan yang tak kalah penting adalah para penyandang dana (sponsor). Merekalah yang punya kuasa untuk menentukan lakon wayang serta ending dari lakon yang diinginkan.
   
Sebagai penonton saya hanya bisa bersorak gembira ketika lakonnya sesuai keinginan, tertawa ketika banyolan sang dalang mengena dan lucu. Sedih ketika tokoh yang kita idolakan sebagai pahlawan ternyata kalah dalam pertempuran. Itulah peran saya hanya sebatas penonton. Kadang saya ikut berteriak biar didengar sang dalang. Tapi suara saya ternyata kalah dengan suara-suara lain yang lebih keras, sehingga teriakan saya "nyaris tak terdengar".

Malam tadi adalah puncak harapan saya, puncak pertunjukan yang akan menentukan episode selanjutnya. Sebagai penonton saya bener-bener kecewa. Setelah mendengarkan pidato dari pemimpin tertinggi negeri ini, suaranya memang lantang, tetapi ada sesuatu yang kurang jelas dan tersamar sehingga menimbulkan tafsiran baru. Saya pingin bersuara lantang tapi mulut saya terlanjur kelu, hati saya terlanjur sakit, dada saya terlanjur perih seakan dirobek-robek. Inilah episode yang sangat menyedihkan.

Tadi pagi saya tersadar apalah artinya sebuah saya, karena ternyata saya hanyalah penonton......
Mungkin nunggu episode selanjutnya dengan apa yang akan tersaji ...... habis mau apalagi ???



gambar dicomot dari sini



kaos ukuran besar XXXXXL
Penonton Kecewa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

13 komentar