Senin, 02 November 2009

Trainer Diklat Fungsional Dasar (Diklat Calon Pemeriksa Pajak ) angkatan 6 - DJP

Selama seminggu saya berkesempatan untuk berbagi pengalaman, berbagi ilmu dan berbagi keahlian dan yang terpenting berbagi ketawa dengan calon pemeriksa pajak. Kalau dihitung diklat ini sudah masuk angkatan ke 6 berarti sudah 5 kali saya ikut jadi salah satu trainernya.  Untuk angkatan 6 ini DFD diikuti oleh para akuntan dan para sarjana ekonomi jurusan akuntansi penerimaan pegawai sarjana Departemen Keuangan tahun 2008 yang ditempatkan di DJP. Mudah-mudahan dengan diklat ini akan menambah jumlah Pemeriksa Pajak sehingga beban tiap pemeriksa pajak berkurang dan berimbas pada peningkatan kualitas hasil pemeriksaan pajak.

Ngajar diklat adalah "sambilan" tanpa honor (mudah-mudahan hati Bapak Sekretaris DJP hatinya tersentuh setelah membaca ini, mungkin beliaunya tidak tahu kalau ngajarnya sampai malam) namun membuat hati merasa senang. ( Apalagi kalau dapat honor yaa???.) Maklum para peserta semangat luar biasa, pinter-pinter, cakep-cakep dan keren-keren. (Kalau saya mah cakep asli - cahkeb bumen asli). Bahkan meskipun kita mendampingi peserta sampai jam 10 malam (bahkan sampai jam 11 malam) untuk kelas yang menjadi tanggung jawab kita ( semacam wali kelas gitu lho....)

Ada perbedaan mencolok pada DFD angkatan 6 ini berbeda dengan angkatan sebelumnya adalah sistem pengajaran, meski tetap mengunakan pendekatan diklat bagi orang dewasa ( Adult Learning Principles - ALP). Pada angkatan sebelumnya trainer hanya bertanggung jawab pada satu materi diklat saja. Sedangkan pada DFD angkatan 6 seluruh trainer dituntut untuk menguasai seluruh materi di hari pertama sampai hari ke lima. Berarti kita mesti belajar dan menguasai materi Persiapan Pemeriksaan Pajak, Pelaksaan Pemeriksaan Pajak, Teknik dan Metode Pemeriksaan Pajak, Kertas Kerja Pemeriksaan (KKP) dan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dan terakhir materi tentang kebijakan pemeriksaan dan materi relevan lainnya. Bagi kita para trainer yaa nggak masalah, karena semua itu adalah "makanan sehari-hari". Jadi tinggal pinter-pinternya kita menyampaikan buat para peserta.Dalam melaksanakan tugas ini saya berdua dengan teman satu angkatan yaitu Yuniar Triningrat.

Daripada  saya banyak cerita, mending saya pajang saja fotonya (buat bukti bahwa cerita ini bukanlah rekayasa politik dan tidak ada unsur kriminalisasi):
Lihatlah foto-foto kelas F, kalau senin pagi masih pakai baju putih, tapi untuk kelas malam tuh sampai nulis sambil tiarap meskipun ada yang ketiduran (saking capainya mengerjakan tugas akhir)

sengaja foto kok..., tapi ada yang "sok serius"


 
Mas Yuniar (ini nggak ada hubungannya dengan Vira Yuniar lhoo) dengan senyum "khasnya"



lha kalau yang ini keadaan di kelas G dan saya memperoleh "pesaing"



ini dia sang "pesaing"


 
 saya nggak tahu kalau lagi difoto

 0
 0
 0

Kelas E
saya hanya dapat foto rame-rame
(tapi ada 1 orang yang nggak kelihatan, dia yang motret)




sayang untuk kelas H saya nggak punya fotonya
jika ada yang mau ngirim silahkan email ke
big.sugeng@gmail.com

Tulisan yang berkaitan:

kaos ukuran besar XXXXXL
Trainer Diklat Fungsional Dasar (Diklat Calon Pemeriksa Pajak ) angkatan 6 - DJP
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

20 komentar