Rabu, 02 Desember 2009

Wedang uwuh, nasi pecel dan tempe goreng Imogiri

Wedang uwuh, nasi pecel dan tempe, makanan sehat non kolesterol dari Imogiri

Kalau nasi pecel pasti kita semua tahu. Bahan terdiri dari berbagai sayuran ditambah bumbu dari bahan utama kacang tanah. Tempe goreng juga semua tahu, ya tempe yang digoreng, bukan tahu digoreng.

Nah bagaimana kalau wedang uwuh? Dalam bahasa kebumenan wedang adalah minuman misalnya wedang jahe berarti minuman dari jahe, wedang teh, wedang kopi dan seterusnya. Uwuh berarti sampah, berarti wedang uwuh adalah wedang dari sampah? Jawaban itu tidak ada salahnya karena unsur dari wedang uwuh adalah memang sampah. Sampah sampah yang dimaksud adalah daun cengkeh, kayu manis, daun pala, daun pohon kayu putih, kayu secang ditambah dengan gepukan jahe yang dibakar. Hampir semua bahan uwuh tersebut ada di sekitar perbukitan Imogiri. Penyajiannya  bahan uwuh tersebut diseduh dengan air mendidih di dalam gelas ditambah dengan gula batu (gula pasir yang sudah membatu?). Dengan komposisi tersebut ditambah penyajian yang panas, saya yakin seyakin-yakinnya minuman ini pasti akan menyehatkan dan menambah segar tubuh kita.
 
Apalagi kalau habis olah raga atau sekalian naik sepeda dari Jogja (jaraknya sekitar 17 km) ke Imogiri. Minum wedang uwuh ditambah makan nasi pecel (kembang turi, kecipir, kacang panjang, daun pepaya, kecambah dll) dan tempe goreng/bacem rasanya ruuuuarrr biasa. Kalau saya ke sana biasanya minimal makan 10 tempe goreng ( enggak ding, beberapa waktu yang lalu cuma 8 buah).

Sudah sehat, bebas kolesterol dan ikut mencerdaskan bangsa (lhoo kok bisa, apa hubungannya? ya ada hubungannya, kalau penjual wedang uwuh dan nasi pecel laris dagangannya berarti sekolah anak-anak mereka kan lancar, karena lancar jadinya pinter. Mereka kan bagian dari bangsa, jadi kalau mereka pinter bangsa juga cerdas gitu kira-kira...).

Jadi jangan lupa kalau sudah di Jogja mampir ke Imogiri, bisa ke Makam Raja-Raja Mataram yang konon anak tangganya bisa untuk menguatkan otot kaki. Atau 200 M sebelum sampai makam belok kiri maka disitu sudah berjajar penjual Nasi Pecel, Wedang Uwuh. Di situ juga tersedia berbagai makanan kecil terutama yang berbahan dasar singkong.

Cuma ada pesen saya, kalau ke sana harus hati-hati (maksudnya hati-hati kalau nggak ngajak saya he he he)

Ini lho foto bahan bahan wedang uwuh yang saya ambil dari sini


lha yang ini kalau sudah jadi minuman yang diambil





     

kaos ukuran besar XXXXXL
Wedang uwuh, nasi pecel dan tempe goreng Imogiri
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

14 komentar