Jumat, 15 Januari 2010

Warung Kejujuran

Warung kejujuran bukanlah warung yang menyediakan kejujuran sebagaimana warung kopi adalah warung yang menjual kopi, warung nasi adalah warung yang menjual nasi. Yang dijuala sebenarnya sih sama saja seperti minuman, makanan kecil dan makanan yang agak besar serta makanan yang besar. Yang kecil misalnya apa ya...kalau yang besar misalnya  roti dll. Daripada saya yang pusing ngasih conto, biar mengkhayal sendiri ah...

Yang membedakan dengan warung lainnya adalah di situ tidak ada pelayan, tidak ada kasir dan tidak ada pengawas. Prinsipnya pembeli memilih barang sendiri, melihat daftar harga sendiri (bisa sama temennya kalau berdua), menghitung sendiri dan membayar sendiri. Jika uangnya memerlukan kembalian yaa tinggal ambil sendiri. Jadi seperti self assesment dalam sistem perpajakan kita. Karena itulah dinamai warung kejujuran, bukan warung yang menjual kejujuran tapi warung yang membeli kejujuran.

Nah di kantor saya setelah pindahan ke gedung baru kini telah berdiri warung kejujuran yang dikelola oleh koperasi. Antusiasme pegawai luar biasa, stok barang hampir selalu habis. Maklum warung dengan modal kecil sementara jumlah pegawai satu lantai saja lebih dari seratus orang.

Bagaimana evaluasinya?
Nanti setelah sebulan akan kita evaluasi, kalau rugi berarti kejujurannya masih perlu dilihat lagi. Karena ini baru berdiri maka saya belum bisa menyampaikan hasil evaluasinya. Mau coba? Datang saja atau ayo kita rame2 bikin warung kejujuran di lingkungan kita.
Warung kejujuran tidak menjual kejujuran tapi membeli kejujuran anda....

Nah inilah foto saat peresmian (maklum kalau birokrat kan harus ada acara ceremonial segala...)



yang relatif tinggi badannya paling tinggi adalah Mr Big



hanya memanfaatkan pojok ruangan
sebelum diresmikan masih ditutup dengan kertas
 
Semua nampak bahagia dengan kejujuran, apalagi Ketua Koperasi (paling kiri, tinggi, menghadap kita)

 

setelah diresmikan rame-rame cari uang receh Rp 20.000,- an di dompet masing-masing
kata panitianya: jangan khawatir  telah tersedia uang kembalian (Rp 10 rban, Rp 5 rbuan, Rp 2 rban, Rp1 rbuan dan limaratusan)


mudah2an ke depan semakin maju hingga warung kejujuran biasa jualan : HP Nokia N Series, BB, Laptop, net book, PC, motor, sepeda lipat, MTB, mobil dsb...... Amiin

kaos ukuran besar XXXXXL
Warung Kejujuran
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

22 komentar