Rabu, 03 Maret 2010

Orangtuapun harus ikut belajar menghadapi UNAS

Tiap Sabtu siang saya punya kesibukan baru. Sebagai orang tua dari murid kelas 6 SDIT Luqman Al Hakim pihak komite sekolah bekerja sama dengan Koordinator guru kelas 6 mengadakan pembahasan soal latihan. Pembahasan dilakukan oleh Koordinator Guru Mata Pelajaran tingkat DIY.  Kalau pembahasan itu untuk murid kelas enam itu sudah pasti. Tapi yang ini lain. Pesertanya adalah para orang tua wali siswa kelas 6. Nah mau nggak mau kita kembali belajar Matematika SD, Bahasa Indonesia SD dan IPA untuk SD. 

Saya melihatnya sangat positif  karena kita sebagai orang tua jadi punya "bahasa" yang sama dengan anak kita ketika kita mendampingi anak kita dalam mempersiapkan UNAS. Terus terang saya merasa kesulitan sih dengan pelajaran sekarang. Maklum metodologi pengajaran dan istilah-istilahnya kan sedikit berbeda. Saya salut dan memberikan apresiasi atas kreatifitas guru dan komite sekolah yang mempunyai ide yang menurut saya sangat baik. Saya juga salut dengan para guru yang begitu all out dalam mempersiapkan UNAS. 

Untuk pelajaran Matematika misalnya, kita membahas soal try out  disertai nilai dari anak-anak kita. Otomatis kita jadi tahu soal nomer berapa yang perlu mendapatkan perhatian khusus anak kita.  Bahkan para guru mempunyai data statistik berupa nilai untuk beberapa kali latihan. Dari sini guru bisa menyimpulkan apakah jawaban murid memang tahu atau hanya kebetulan/spekulasi. Sebagai contoh jika soal yang setipe pada latihan 1 betul tapi pada latihan berikutnya salah berarti anak belum faham. Ada juga pada latihan 1 salah tapi latihan berikutnya betul berarti anak sudah faham. Sampai sedetail itu evaluasinya. Begitulah usaha positif dari para guru untuk mensukseskan UNAS.  

Mudah-mudahan UNAS tahun ini lebih baik dari UNAS tahun yang lalu.



Artikel lain:
Catatan yang tersisa dari UNAS

kaos ukuran besar XXXXXL
Orangtuapun harus ikut belajar menghadapi UNAS
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

15 komentar