Selasa, 11 Mei 2010

Perkembangan Warung Kejujuran

Setelah Warung Kejujuran yang menjual minuman dan makanan kecil dan beberapa item barang diresmikan pada bulan Januari 2010 ada beberapa hal yang menarik untuk dicermati. Sekarang sudah berjalan kurang lebih 4 bulan prosentase tingkat kejujuran berfliktuasi. Prosentase tingkat kejujuran dihitung dengan perbandingan kas yang diterima dengan kas yang seharusnya diterima. Pada bulan pertama prosentase tingkat kejujuran 92,75 %. Meskipun tidak 100% pengurus masih cukup seneng karena masih di atas 90%. Pengurus berprasangka baik mungkin terdapat salah hitung atau salah dalam melihat daftar harga. Bulan kedua pengurus terkaget-kaget karena prosentase kejujuran turun menjadi 85,51%. 

Dengan anjlognya prosentase tingkat kejujuran, pengurus langsung melakukan evaluasi. Hasilnya adalah perbaikan sistem administrasi pencatatan dan perbaikan lainnya diantaranya: memberikan label harga tiap barang (supaya pembeli tidak pusing melihat daftar), menyediakan kalkulator (supaya pembeli tidak salah hitung baik jumlah pembelian maupun tidak slah hitung uang kembalian), khusus uang 50 ribuan dan 100 ribuan disediakan kotak khusus yang nggak bisa diambil (ini untuk mengamankan) dan menyediakan uang dengan berbagai pecahan. Setelah upaya dari pengurus warung hasilnya langsung kelihatan. Prosentase tingkat kejujuran bulan ketiga kembali naik 92,11 %.

Yang agak aneh adalah prosentase tingkat kejujuran bulan April 2010 malah di atas 100% (nah lho...) yaitu 105,37%.  Kok bisa yaa... Dari hasil wawancara dengan beberapa orang dapat disismpulkan karena pada saat membeli uang kemblian sering tidak diambil.

Kesimpulan saya adalah (dengan prinsip berprasangka baik ) tingkat kejujuran masih OK cuma mungkin salah hitung atau salah ngambil kembalian. Begitu ingat langsung dibayar sehingga prosentasenya di atas 100%


Pengumuman Penerimaan CPNS Kemenkeu 

kaos ukuran besar XXXXXL
Perkembangan Warung Kejujuran
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

10 komentar