Senin, 06 September 2010

I'tikaf di Masjid KPDJP


Hari Jumat malam sampai Sabtu pagi Masjid Salahuddin KP DJP mengadakan acara i'tikaf bersama. Rangkaian acara dimulai dengan acara buka bersama dan shalat magrib. Kemudian shalat isya berjamaah dilanjutkan dengan shalat taraweh.

Setengah jam berikutnya adalah acara tasmi' Al Qur'an yaitu peserta i'tikaf menyimak bacaan Al Qur'an dari penghafal Al Qur'an. Surat yang dibaca adalah surat Ali Imron dan Surat Al Hujurot. Sebagian besar peserta sudah membawa Al Qur'an sendiri-sendiri, namun dapat juga disimak dari 2 layar besar yang ada di masjid.Meskipun hanya 2 surat yang dibaca, tapi cukup menggugah kita untuk lebih bersemangat  membaca  maupun menghafal Al Qur'an. Tasmi' kali ini bersama seorang Ustad Habibi, Al Hafids. Bacaannya tidak terlalu cepat sehingga lebih gampang diikuti oleh para peserta.

peserta sedang mengikuti acara tasmi' Al Quran

Malamnya ada juga acara kajian i'tikaf oeleh Ustad Nanang Mobarok (Manajemen Darul Akhirat) yang membawakan tema "Menjadi Rahib di Malam Hari dan Pejung di Siang Hari". Kajian ini cukup menarik karena menggunakan ilustrasi yang gampang difahami dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pesannya adalah mari persiapkan mudik ke kampung halaman, tapi jangan lupa persiapkan juga mudik ke kampung akhirat. Salah satu sebab terjerumusnya manusia ke dalam neraka adalah karena Nafsu. Dan masih banyak uraianya.

Pada dini hari masih ada Muhasabah yang dibawakan oleh Ustad Adam Ibrahim, berisi tentang evaluasi pada diri kita masing masing. Setelah itu dilanjutkan dengan sahur bersama dansholat subuh berjamaah.


peserta sedang mengikuti acara muhasabah

Ada catatan kecil berlangsungnya acara ini, acara ini memang tidak dihadiri oleh Dirjen Pajak, namun dihadiri oleh sedikitnya 5 Eselon II seperti Sekditjen, Beberapa Kakanwil, Direktur dan Tenaga Penghkaji. Juga diikuti oleh beberapa E III. Mereka para pejabat tidak sungkan-sungkan lesehan selama berjam-jam dengan para pegawai. Acara yang diikuti lebih dari 120 an orang ini terbilang sukses. Mudah-mudahan nanti acara ini tidak hanya diadakan dalam satu malam tetapi lebih lama lagi. Salut buat kerja keras pengurus masjid dan panitia. Tentunya juga dukungan para jamaah.

Terimakasih atas konstribusi foto2 di atas untuk Mas Muhammad Saifulloh Al Mahdi

kaos ukuran besar XXXXXL
I'tikaf di Masjid KPDJP
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

8 komentar