Rabu, 24 November 2010

Tempe Mendoan


Dalam sebuah milis yang saya ikuti, ada salah satu temen yang menyampaikan ide tentang mendoan lovers. Ternyata langsung mendapat respon yang luar biasa. Tidak hanya yang berasal dari Banyumas saja tetapi banyak juga yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Masing-masing dengan bangganya menyampaikan alamat outlet Tempe Mendoan yang pernah mereka datangi. Mereka berencana melakukan acara ngumpul bareng, cuma nggak tahu sudah kesampaian atau belum. Dari situ saya menyimpulkan bahwa tempe mendoan sudah mencuri hati banyak kalangan.

Lantas apa sih tempe mendoan itu? Apa bedanya dengan tempe yang biasa kita kenal?

Menurut Wikibooks, Tempe Mendoan adalah sejenis masakan tempe yang terbuat dari tempe yang tipis, dan digoreng dengan tepung sehingga rasanya gurih dan renyah. Secara tradisional di wilayah Banyumas, tempe yang digunakan untuk mendoan adalah jenis tempe bungkus yang lebar tipis, satu atau dua lembar perbungkus.

Sebenarnya tempe lebar dan tipis tidak hanya dikenal di wilayah Banyumas saja. Di Kota Gombong Kebumen tempe itu juga dikenal dan dijual di pasar. Karena pembuatannya memerlukan keahlian dan kualitas tempe yang bagus serta memerlukan bungkus yang khusus maka harga tempe ini lebih mahal dari tempe biasa. Di Pasar Gombong misalnya, bungkus di dalam menggunakan daun pisang sedangkan bungkus luarnya  menggunakan daun jati. Tempe semacam ini sebenarnya tidak hanya dapat dibuat untuk Tempe Mendoan saja tetapi juga dibuat tempe yang agak kering dengan menggunakan tepung. Bahkan untuk tempe kripik juga menggunakan tempe seperti ini.

Saya mengenal Tempe Mendoan ketika bertugas di Purwokerto. Di warung makan di daerah ini (Purwokerto Banyumas dan sekitarnya) banyak yang menyediakan Tempe Mendoan. Sedangkan di kota lain biasanya memang dibuat/dijual oleh orang  yang kebanyakan berasal dari daerah Banyumas dan sekitarnya.

Tempe Mendoan paling enak dinikmati pada saat masih panas. Bisa ditemani sambal kecap ataupun hanya dengan menggunakan cabai rawit hijau.

Yang mempengaruhi rasa Tempe Mendoan adalah kualitas tempe, kualitas minyak, cara memasak dan tentunya bumbu serta tepung yang dipakai.

Baca juga: Wedang Uwuh, Nasi Pecel dan Tempe Goreng Imogiri



Keterangan Gambar:
saya ngambil di google, ternyata disitu tidak jelas siapa yang membuat foto itu (mohon ijin bagi pemilik foto aslinya ya...)
Foto itu saya pilih karena secara pengamatan fisik tempe mendoan yang berpenampilan seperti itulah yang paling enak.

kaos ukuran besar XXXXXL
Tempe Mendoan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

14 komentar