Kamis, 16 Desember 2010

Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia 2010-2014

Prof. Mardiasmo, Ak., MBA, Ph.D telah terpilih menjadi Ketua Dewan Pengurus Nasional (DPN) Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) periode 2010 – 2014 dalam Kongres XI IAI yang berlangsung 10 Desember 2010 di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta. Kongres berlangsung sangat meriah dan demokratis dihadiri lebih dari 1100 akuntan dari seluruh Indonesia. Hasil perolehan suara  520 untuk Prof. Mardiasmo yang mengungguli dua kandidat ketua IAI lainnya: M. Afdal Bahaudin (306 suara) dan Erick (214 suara). Kongres juga memilih 14 orang anggota DPN sebagai “kabinet baru” kepengurusan IAI.  


Selain itu Kongres XI juga menerima Laporan pertanggung jawaban pengurus sebelumnya. Dalam kepengurusan sebelumnya, Ahmadi Hadibroto selaku Ketua DPN IAI periode 2006 – 2010 memaparkan IAI mengalami perkembangan yang sangat baik. Program Konvergensi International Financial Reporting Standards 2012, diterbitkannya Standar Akuntansi Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik  dan terbentuknya Tim Implementasi IFRS menjadi salah satu keberhasilan dari kepengurusan sebelumnya.

Peran IAI di kawasan regional dalam masa kepemimpinan sebagai Presiden ASEAN Federation of Accountants (AFA) juga merupakan pencapaian yang sukses, apalagi dengan ditetapkannya IAI sebagai permanen sekretariat AFA. Pengembangan organisasi ditandai dengan pembentukan IAI wilayah  menjadi 25 Wilayah. IAI Wilayah baru telah terbentuk di Kepulauan Riau, Sulawesi Tenggara, NTT, Bengkulu dan terakhir di Ambon. Peningkatan kompetensi SDM Akuntansi melalui kegiatan Pendidikan Profesional Berkelanjutan secara terstruktur terlaksana bahkan berhasil membentuk tiga IAI Knowledge Center baru di Mall of Indonesia, Depok dan Serpong. Pelaksanaan ujian sertifikasi Akuntansi Syariah serta Certified PSAK merupakan upaya yang berhasil dikembangkan untuk meningkatkan kualifikasi SDM Akuntansi. IAI juga telah berperan strategis dan memberikan kontribusi turut merumuskan kebijakan publik, membangun governance dan pengembangan profesi akuntan di Indonesia agar sesuai dengan standar Internasional. Diharapkan melalui keberhasilan yang diraih mampu meningkatkan peran profesi akuntansi dalam pembangunan ekonomi nasional dan global.
Ketua Dewan Pengurus IAI baru, Prof. Mardiasmo yang juga merupakan Kepala Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI, melihat beberapa tantangan dan kondisi yang dihadapi oleh profesi akuntansi di Indonesia saat ini. “IAI selaku organisasi profesi diharapkan mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh profesi akuntansi adalah berperan untuk meningkatkan kualitas public dan corporate governance. Kapitalisasi kedudukan Indonesia G-20 utk lebih berperan dalam organisasi profesi international juga merupakan tantangan yang harus direspons oleh profesi.”
Prof. Mardiasmo menambahkan “Gerakan penguatan governance systems, pemberantasan korupsi, tuntutan untuk lebih transparan dan profesional membutuhkan keterlibatan intens profesi akuntan. Tidak ada proses akumulasi dan distribusi sumberdaya ekonomi yang tidak memerlukan campur tangan profesi.” Dibawah kepemimpinan Prof. Mardiasmo diharapkan IAI dapat menjadi aset nasional terpercaya NKRI, terdepan di kawasan ASEAN, setara dalam status dan peran di tataran internasional.

Susunan lengkap Anggota Dewan Pengurus Nasional IAI Periode 2010-1014 yang terpilih pada Kongres XI IAI adalah sebagai berikut:

1.            Prof. Mardiasmo (Ketua)
2.            Dr. Cris Kuntadi
3.            Sudirman Said
4.            Ito Warsito
5.            Jusuf Halim
6.            Prof. Dr. Sidharta Utama
7.            Dwi Setiawan Susanto
8.            Dr. Khomsiyah
9.            Ardan Adiperdana
10.        Heliantono
11.        Kusmanadji
12.        Maliki Heru Santosa
13.        Erick
14.        Wahyu Tumakaka
15.        Eko Sunarko

Sebagai salah satu anggota organisasi IFAC dan salah satu pendiri ASEAN Federation of Accountants,  selama empat tahun ke depan IAI optimis akan menjadi organisasi profesi yang memberi nilai tambah dan berkontribusi kepada perekonomian nasional dan global dan meningkatkan daya saing bangsa. Melalui konsolidasi, revitalisasi, dan penataan organisasi profesi serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya organisasi profesi dan para anggotanya IAI siap membangun kebanggaan anggota dan memperkokoh kepercayaan stakeholder menuju peran yang lebih strategis. DARI KITA, OLEH KITA UNTUK MASYARAKAT, BANGSA DAN NEGARA.

di copas dari web IAI

catatan tambahan: ternyata dari kepengurusan tersebut ada 8 alumni STAN 

kaos ukuran besar XXXXXL
Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia 2010-2014
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar