Senin, 10 Januari 2011

Kenapa Kedatangan Kereta Api Selalu Terlambat?


 kedatangan kereta api di stasiun gambir

Saya tidak punya data keseluruhan kereta,  saya  hanya menulis apa yang saya alami dan saya rasakan. Setelah lebih dari 5 tahun jadi penumpang setia kereta api saya sudah memahami betul tentang keberangkatan, kedatangan, kenaikan tarif, service dan kekhasan masing-masing kereta.
  
Namun akhir-akhir ini saya merasakan (dan dari ngobrol dengan temen-temen senasib mereka merasakan hal yang sama) keterlambatan kedatangan yang menurut saya sangat merugikan. Dulu kereta semacam Taksaka dan Argo Dwipangga dapat dipastikan sampai di Stasiun Gambir  kurang dari jam 5 pagi. Tetapi akhir-akhir ini sampai di Stasiun Jatinegara mendekati jam 7 pagi (contohnya 20-12-2010 dan 10-01-2011 jam 6.30 di Jatinegara). Sampai Stasiun Gambir berarti lebih dari Jam 7 pagi. Berarti jarak tempuh Jogja Jakarta yang normalnya bisa ditempuh kurang dari 9 jam sekarang ditempuh sekitar 10 jam. Belum lagi jika kereta terlambat biasanya menjelang Jakarta pasti sering berhenti. 

Saya biasa melihat "bekah bekuh" nya penumpang mensikapi keterlambatan kedatangan kereta api, atau mungkin dia  mau buru-buru ke tempat kerja di Senin pagi. Mereka kan pasti harus mandi dulu, ganti baju dll, kan nggak mungkin dari stasiun langsung "mbludus" ke tempat kerja.
Kalau keterlambatan kedatangan ini berlarut-larut otomatis kami yang bekerja dan harus masuk jam 7.30 harus mengambil resiko untuk terlambat setiap senin pagi (padahal sudah berangkat dari  jogja jam 9 malam) dengan konsekuensinya (hukuman disiplin, pemotongan tunjangan dll). Sudah membayar tarif tertinggi, masih terlambat lagi. Harus kepada siapakah saya menyampaikan keluh kesah ini?

Kalau alasan keamanan, apakah mesti dengan cara memperlambat jam kedatangan?

kaos ukuran besar XXXXXL
Kenapa Kedatangan Kereta Api Selalu Terlambat?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

15 komentar