Selasa, 01 Februari 2011

Forum AR Kanwil DJP Jaksel

Setelah di awal bulan Juni 2010 saya mengikuti Forum Fungsional.  Beberapa waktu lalu (Januari 2014) saya berkesempatan mengikuti Forum AR (Account  Representatif, pegawai DJP yang ditugasi untuk memberikan bimbingan dan pembinaan kepada Wajib Pajak  pada area tertentu)  Kanwil DJP Jaksel. Acara ini diikuti oleh 4 orang perwakilan AR dari tiap-tiap KPP di lingkungan Kanwil DJP Jaksel. Acara ini dibuka oleh Kakanwil DJP Jaksel yang baru yaitu Bp Pandu Bastari. Dihadiri oleh para Kepala Bidang dan Kabag Umum serta para Pejabat Fungsional Penyidik Pajak Kanwil DJP Jaksel serta beberapa kasi. 


Ket. gambar : Kakanwil Bp Pandu Bastari (tengah), Kabid Pemeriksaan Penyidikan dan Penagihan Pajak Bp Yunantoro (kiri, baju putih), 
Kabag Umum Bp Dadang Sahroni (kanan)

Sebelum acara pembukaan, didahului dengan doa yang dipimpin oleh Bp Suharmadi (Penyidik Pajak Kanwil DJP Jaksel):


Setelah pembukaan dilanjutkan dengan
  1. Sessi 1:  Pemaparan Data Perpajakan oleh Kabid Duktekon Kanwil DJP Jaksel Bp Wanajaya Kusuma.
  2. Sessi 2:  Teknik Analisis Laporan Keuangan untuk tujuan Pajak.  Session ini merupakan acara pokok karena sangat diperlukan oleh para AR dalam melakukan pembinaan maupun dalam melakukan fungsi pengawasan terhadap Wajib Pajak. Pada session ini dijelaskan tentang teknik dasar maupun teknik analisis praktis untuk tujuan perpajakan. Dengan metode interaktif, peserta diberi kebebasan untuk sharing pengalaman. Session ini dibawakan oleh Bp Lukaman Sabadan, Penyidik Pajak senior dari Kanwil DJP Jaksel.

Saya kebagian menjadi fasilitator untuk session 3 siang yaitu Pembahasan Studi Kasus Analisis Laporan Keuangan dan Tanya Jawab. Session siang ini merupakan session yang lumayan "berat" karena ada kecenderungan peserta sudah jenuh maupun peserta sudah ngantuk. Akhirnya session yang berdurasi 2 jam ini bisa berlangsung dengan aman. Beberapa kasus baik yang berasal dari saya maupun kasus-kasus aktual yang dialami oleh para AR berhasil didiskusikan. Para peserta terpancing untuk ikut sharing pendapat maupun sharing pengalaman. Saya sebagai fasilitator hanya sebatas menengahi, memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengungkapkan pendapat. Hanya kalau saya anggap diperlukan barulah menyimpulkan ataupun memberikan solusi.

Mengingat blog ini adalah blog pribadi, maka foto yang saya pajang lebih banyak session yang saya bawakan.



















kaos ukuran besar XXXXXL
Forum AR Kanwil DJP Jaksel
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

5 komentar