Senin, 26 September 2011

Pilkada Jogja : KPU Tetapkan Kemenangan Pasangan Calon Walikota No 3 (Haryadi Suyuti - Imam Priyono)

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rina Eviana

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA  -  Hasil rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kota, pasangan wali kota dan wakil nomer urut 3 Haryadi Suyuti-Imam Priyono (HATI) memenangi  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Yogyakarta 2011. Dari rekap hasil suara di 14 kecamatan, pasangan ini memperoleh 97.047 atau 48.3 persen suara.

Sementara itu pasangan Ahmad Hanafi Rais - Tri Harun Ismaji (FITRI) memperoleh 84.122 suara atau 41.9 persen. Disusul pasangan nomor 1 Zuhrif Hudaya-Aulia Reza di posisi ke tiga dengan jumlah suara sebanyak 19.557 atau 9,7 persen.

Rekapitulasi hasil perhitungan suara dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Yogyakarta Kamis (29/9/2011) mulai pukul 12.00 WIB hingga petang di Pendopo Balai Kota Yogyakarta.

Ketua KPU Yogyakarta, Nasrullah, seusai rekap perhitungan suara mengatakan dari 322.872 daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 114.740 pemilih tidak datang ke tempat pemungutan suara (TPS). Jumlah itu atau setara 35,5 persen dari DPT.

Dari pemilih yang menggunakan hak pilih sebanyak 208.743 jumlah suara sah tercatat 200.726 suara tidak sah sebanyak 8.017 suara.

Nasrullah mengatakan KPU memberikan waktu 3 hari masa sanggah jika ada gugatan dari ketiga pasangan calon untuk diajukan ke Mahkamah Konstitusi. "Masa sanggah jika ada keberatan kami berikan 3 hari setelah rekap dilakukan," kata Nasrullah.

Sementara itu Nasrul Choiri, saksi pasangan nomor urut 1 menyebut rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU kali ini sudah fair. "Saksi kami di TPS tidak menemukan persoalan dan gesekan yang signifikan," katanya.

Demikian juga dengan saksi pasangan nomor 2. Ibnu Titianto mengatakan sejauh ini belum ada rencana mengajukan gugatan terkait hasil akhir rekapitulasi.

Namun demikian pihaknya mengaku slogan Pilkada yang damai sportif dan berbudaya masih butuh pembenahan. Sebab beberapa peristiwa dirasa merugikan pasangan nomor 2 seperti intimidasi untuk tidak mendukung pasangan 2.

Winarta, saksi pasangan 3 menilai ada pergeseran data antara saksi di TPS dengan data berita acara dalam rekapitulasi. Namun pergeseran itu karena kurang cermatnya saksi di TPS. Namun secara keseluruhan semua sudah terselesaikan. Ia menilai proses rekap berjalan dengan baik. (*)



Perhitungan Cepat KPU, HATI Sementara Unggul di Pilkada Yogyakarta


REPUBLIKA.CO.ID- Pasangan calon (paslon) Walikota  Haryadi Suyuti-Imam Priyono (HATI) nampaknya unggul dalam Pilkada Kota Yogyakarta.

Berdasarkan perhitungan cepat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta hingga pukul 17.30 WIB, diketahui paslon HATI unggul dengan perolehan 47,98 persen suara.

Sementara urutan dua diperoleh pasangan calon nomor urut 2, Hanafi Rais-Tri Harjun Ismaji (FITRI) dengan perolehan 41,63 persen. Perolehan pasangan nomor urut 3, Zuhrif Hudaya-Aulia Reza Bastian mendapat perolehan suara 10,39 persen.

Divisi Humas dan Sosialisasi KPU Yogyakarta, Titok Haryanto, mengatakan hasil hitungan itu adalah 20 persen dari total Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kecamatan Tegalrejo dan Kecamatan Jetis. Sementara Kecamatan Umbulharjo belum mencapai 20 persen dari total TPS. "Yang dua kecamatan sudah 20 persen," katanya.

Dari prosentase itu, jumlah perolehan suara HATI sebanyak 4.329, pasangan FITRI 3.690 dan Zulia 914 suara. "Kita masih, menunggu hasil akhir karena akan kita tutup pukul 21.00 WIB," terangnya.

HASIL REAL QUICK COUNT PILKADA JOGJA
Sedangkan menurut hasil Real Quick Count  Script Survei Indonesia (SSI) adalah Perolehan Suara Pemilihan Calon Walikota no urut 3 unggul dengan peroleh suara sbb
1. Zh 9,39%
2. Hr 41,76%
3. Hs 48,85%
Data masuk 99,5%
Kalo mengacu pada Peraturan KPU no 16 Tahun 2010 Bab VII Pasal 46 Ayat 2 maka pilkada kali ini cukup 1x putaran. Mudah-mudahan pasangan yang terpilih benar-benar menepati janji kampanyenya, bekerja benar-benar untuk mengabdi pada kepentingan rakyat tidak sebaliknya.


kaos ukuran besar XXXXXL
Pilkada Jogja : KPU Tetapkan Kemenangan Pasangan Calon Walikota No 3 (Haryadi Suyuti - Imam Priyono)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email