Selasa, 27 September 2011

Tiket Berdiri Kereta Api Per 1 Oktober 2011 Tidak Ada Lagi

Lihat judul di atas bukan berarti PT KA akan membuat fasilitas baru berupa tempat tidur, tapi PT KA akan memberlakukan penjualan tiket sama dengan jumlah tempat duduk. Kebijakan ini menurut saya sangat positif karena kenyamanan bagi penumpang baik saat naik maupun saat turun akan lebih terjamin. Juga masalah keamanan dan harga diri lebih terhargai. Apa maksudnya?

Ketika ketentuan ini belum berlaku, PT KA bebas menjual berapapaun jumlah tiket tanpa memperhitungkan kapasitas tempat duduk (terutama untuk kelas ekonomi). Akibatnya adalah semua ruangan baik yang duduk maupun yang tiduran di bawah tempat duduk di kereta akan penuh dengan manusia, termasuk toilet pun diisi oleh beberapa penumpang.  Kalau di kelas bisnis, orang yang tidak punya tiket karena rombongan dalam jumlah banyak bisa lebih"galak" daripada yang punya tiket. Tanpa sungkan sungkan penumpang gelap tersebut tidur di kolong di bawah kursi kita atau di lorong tengah. Ketika ada keperluan untuk ke toilet kita mesti harus hati hati agar kaki kita tidak menginjak orang yang tidur maupun yang duduk di lantai.

Kondisi yang agak mirip juga dialami oleh penumpang kereta eksekutif. Pada hari-hari sibuk seperti Jumat sore dari Jakarta atau minggu malam ke arah Jakarta  dipenuhi dengan penumpang gelap di bordes. Kadang mereka seenaknya merokok dan tidur di bordes dan dekat pintu toilet.

Kalau lihat pengalaman selama ini, maka yang menikmati bukanlah PT KA tetapi oknum PT KA yang menerima uang daripenumpang gelap .  Sementara penumpang yang punya tiket justru menerima ketidaknyamanan. Jadi saya setuju sekai kebijakan ini diterapkan.

Tetapi dengan kebijakan ini tentu akan berdampak langkanya tiket dan mahalnya tiket di pasar gelap/calo. Selama ini calo yang berkeliaran di Stasiun Gambir mematok harga  sekitar Rp 100.000,- di atas harga tiket resmi.  Dengan kondisi ini bagi pengguna rutin kereta api harus mengantisipasi dengan melakukan pemesanan jauh-jauh hari. Sebaliknya untuk PT KA memberi kemudahan bagi pelanggan rutin dlam memperoleh tiket.

Hal lain yang masih perlu perbaikn adalah keterlambatan kedatangan kereta api yang masih saja terus terjadi yang sangat merugikan pelanggan kereta api, terutama pada Senin Pagi karena banyak pelangan yang langsung menuju tempat kerja.


Informasi Harga Tiket dan Reservasi Tiket kereta Api, silahkan di klik saja
 
 

Inilah janji PT KA yang saya ambil dari web resminya PT KA

 
PT. Kereta Api Indonesia (Persero) terus melakukan pembenahan dan perbaikan di semua lini, demi menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan. Transformasi yang dilakukan PT KAI diantaranya akses mudah mendapat tiket KA; menyediakan layanan internet broadband kepada para pengguna jasa di stasiun dan di atas kereta api; telepon umum gratis bagi pengguna XL, perbaikan gerbong dan lokomotif; toilet gratis, serta peluncuran KA kelas ekonomi AC yang disambut positif oleh masyarakat. Tidak cukup sampai di situ, dalam rangka memberikan kenyamanan pada penumpang KA mulai 1 Oktober 2011 nanti PT KAI hanya menjual tiket kereta sesuai jumlah tempat duduk yang ada. Hal ini berlaku untuk semua kelas kereta, baik eksekutif, bisnis, maupun ekonomi (okupansi 100%). Semua penumpang yang naik dipastikan mendapat nomor tempat duduk dan duduk manis sesuai nomornya masing-masing. Tidak lagi berjubel atau duduk di bawah sehingga tercipta suasana yang aman dan nyaman bagi penumpang.

Ketentuan tersebut tidak berlaku pada kereta api lokal yang melayani jarak dekat seperti KRDI, KRDE, KRD, dan KRL. Untuk mencegah penumpang tanpa karcis, sistem boarding masih akan diberlakukan, penumpang yang bertiket diperbolehkan masuk ke dalam peron maksimal 2 jam sebelum KA berangkat. Selain itu pemeriksaan serentak oleh petugas  PT KAI akan dilakukan secara lebih intensif.

Pelayanan penjualan karcis bisa dilakukan H-40 sebelum hari keberangkatan untuk KA kelas eksekutif dan bisnis melalui contact center 121, stasiun, agen, minimarket dan kantor pos. Untuk KA ekonomi kereta bisa dipesan H-7 di stasiun. Selain menjual tiket sesuai dengan tempat duduk, PT KAI juga berencana akan memberikan fasilitas AC pada kereta ekonomi di tahun 2012 mendatang. (humaska)

kaos ukuran besar XXXXXL
Tiket Berdiri Kereta Api Per 1 Oktober 2011 Tidak Ada Lagi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar: