Rabu, 20 Juni 2012

Exchange Knowledge sebagai sarapan pagi

Ada yang beda di pagi hari di kantorku. Setelah absen pagi paling telat pukul 07.30 WIB  selanjutnya pegawai berkumpul di Aula. Bukan mau coffe morning, bukan mau rapat tapi mau tukar ilmu ataupun tukar pengetahuan. Bahasa kerennya exchange knowlegde, ya semacam in house training cuma  bedanya kalau in house training biasanya manggil pakar dari luar. Lah kalau ini ya dari dan oleh seluruh pegawai. Waktunya dari hari Senin sampai Kamis. Materi yang akan disampaikan bebas, mau yang berkaitan dengan pekerjaan maupun ilmu dan pengetahuan lain yang bersif menunjang maupun sekedar pengetahuan yang bermanfaat buat kehidupan. Pokoknya yang penting tampil dan berani tampil.

Untuk giliran tidak menggunakan undian tetapi menggunakan DUK (Daftar Urutan Kepangkatan) biar nggak ada alasan lagi. Program ini terselenggara setelah terjadi pergantian Kakanwil.  Kakanwil yang baru waktu itu menginginkan agar ada pertukaran pengetahuan diantara pegawai, karena beliau yakin tidak ada kualitas pegawai yang jelek. Makanya para pegawai perlu diasah kemampuan dan keberaniannya untuk menyampaikan ide atau gagasan kepada orang lain. 

Setelah berjalan dua minggu, ternyata memang luar biasa. Ada yang menyampaikan materi tentang perpajakan, pemeriksaan pajak, kepegawaian, tips dan pesan pesan moral.  Pokonya  ada yang soft skill ada yang hard skill. Cara penyampaiannya juga bermacam macam, ada yang kelihatan lancar, ada yang lucu dan ada yang grogi. Tapi yang jelas menurutku kan mereka hebat, sudah berani tampil di muka umum, sudah berani ngomong dan belum ada sejarahnya sampai pingsan, inilah pendidikan yang tepat untuk orang dewasa..  Memang ada sih yang nggak mau tampil dan menghindar, itu hanya kasus dan kebetulan karena berhalangan.


Menurutku program ini sih bagus, tapi sebaiknya jangan setiap hari, lama-lama kan jadi mboseni. Mestinya cukup seminggu sekali saja.

kaos ukuran besar XXXXXL
Exchange Knowledge sebagai sarapan pagi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

8 komentar