Selasa, 20 November 2012

Gara-gara Dipakai Orang Lain (2)

Dalam tulsan terdahu, Gara-gara Dipakai Orang Lain, maka pada tulisan kali ini masih dengan judul yang sama dengan versi yang lain. Ada kondisi-kondisi praktik bisnis yang memang lazim untuk salaing meminjam "bendera". Dari kacamata pajak seungguhnya tidak ada larangan untuk saling meminjam bendera, namun yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan adalah aspek PPN, pencatatan/akuntansinya termasuk didalamnya dokumen pembelian (HPP) dan biaya lainnya harus atas nama yang punya bendera. Alternatif lain adalah dengan membuat perjanjian sub kon. Perusahaan yang memnjam bendera menerbitkan faktur pajak ( Pajak Keluaran) kepada yang punya bendera,sebaliknya yang punya bendera harus memeotong pph 23/final. Jika ini yang ditempuh maka tidak ada masalah bagi keduanya tentunya semua harus dilaporkan di dalam SPT.

Kasus serupa pernah dialami oleh PT X yang dipimpin oleh Bp Fulan sebagai Direktur sekaligus pemegang saham. Sudah cukup lama PT X pernah melakukan kerjaama sengan orang lain. Setelah itu PT X dan Pak Fulan sudah tidak aktif lagi. Merasa tidak pernah aktif lagi Pak Fulan mengabaikan pelaporan perpajakan. 

Pak Fulan merasa kaget ketika didatangi oleh pemeriksa pajak (Tentunya dengan Surat Perintah Pemeriksaan), salah satu sebabnya adalah karena berdasarkan data di Kantor Pajak,  PT X telah menerbitkan Faktur Pajak kepada pihak lain ( Berarti terdapat transaksi penjualan/jasa dari PT X kepada pihak lain). Sedangkan data di Kantor Pajak PT X tidak pernah lapor SPT Tahunan PPh badan maupun SPT Masa PPN.

Karena kasus itulah dari hasil pemeriksaan, PT X dan Pak Fulan harus membayar PPh Badan dan PPN beserta sanksinya. Sementara sesungguhnya PT X dan Pak Fulan tidak menikmati hasil penjualan tersebut.  Karena ketidaktahuan dia harus MEMBAYAR MAHAL  Makanya berhati-hatilah jika PT CV dan NPWP dipakai orang lain, jangan jangan bukan untung yang dieroleh tetapimalah PELAJARN MAHAL.

komentar/pertanyaan : big.sugeng@gmail.com

kaos ukuran besar XXXXXL
Gara-gara Dipakai Orang Lain (2)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email