Selasa, 01 April 2014

Jalur Kereta Kedungjati-Yogyakarta Bakal Terkoneksi Kembali

Jalur Kereta Kedungjati-Yogyakarta Bakal Terkoneksi Kembali

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Perjalanan jalur kereta api lama, Kedungjati- Tuntang- Ambarawa- Bedono- Magelang- Yogyakarta bakal dapat dinikmati kembali. Tahun 2015, reaktivasi jalur Kedungjati- Tuntang diproyeksikan sudah rampung pengerjaannya.

“Sehingga jalur rel ini sudah akan tersambung hingga stasiun Ambarawa,” jelas Kabid Perkeretaapian dan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Dishubkominfo Jawa Tengah, Prasetyo Kentjono, baru- baru ini.

Pekerjaan yang sama, tambah Prasetyo, selanjutnya juga akan dilakukan untuk jalur lama Bedono- Magelang hingga Yogyakarta.

Jika jalur lama kereta api ini sudah terkoneksi kembali, maka perjalanan kereta api akan melalui beberapa stasiun yang menjadi rintisan perkembangan perkeretaapian di tanah air.

“Nantinya kereta akan melewati beberapa stasiun. Diantaranya Stasiun Jambu, Bedono, Magelang, sebelum tersambung ke sejumlah stasiun di Yogyakarta,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan, terkait reaktivasi Ambarawa hingga Yogyakarta, sejauh ini sudah ada penjajakan kesepakatan kerjasama antara Pemprov Jawa Tengah, PT Kereta Api dan Kementrian Perhubungan RI.

Dari kajian yang sudah dilakukan, tambahnya, ada beberapa titik lokasi yang akan dibangun jalur baru. Karena jalur lama sudah tidak memungkinkan lagi. Terutama untuk jalur kereta yang menanjak terjal, yang saat ini masih aktif dilalui lokomotif bergerigi dari Stasiun Ambarawa ke Stasiun Bedono.

“Tim, saat ini, masih menyiapkan desain jalur baru yang dimaksud, untuk menghindari tanjakan Jambu yang terjal,” tambah Prasetyo. 

Red: Hazliansyah
Rep: Bowo Pribad


kaos ukuran besar XXXXXL
Jalur Kereta Kedungjati-Yogyakarta Bakal Terkoneksi Kembali
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar