Sabtu, 22 Agustus 2015

Naik Turun Tangga, Trik Simpel Tetap Aktif Meski Sibuk di Kantor

 Naik Turun Tangga, Trik Simpel Tetap Aktif Meski Sibuk di Kantor
detikHealth, Sibuk dengan pekerjaan yang menumpuk kerap menjadi alasan mengapa orang kantoran jarang bergerak. Namun kini untuk mengatasinya Anda bisa mengakalinya.

Salah satu cara yang dianjurkan adalah dengan naik dan turun tangga. Jika kantor Anda memiliki lift dan tangga biasa, pertimbangkan untuk lebih memilih menggunakan tangga biasa menuju ruangan.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa naik dan turun tangga bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk membakar kalori dan menguatkan jantung. Menurut survei yang dilakukan di Inggris, naik tangga secara langsung juga berhubungan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, naik dan turun tangga membantu membakar kalori. Kegiatan ini melibatkan kelompok otot terbesar tubuh yang digunakan untuk mengangkat berat badan, selangkah demi selangkah. Menggunakan otot-otot tubuh untuk membawa berat badan Anda sendiri membakar kalori lebih tinggi dibandingkan berjalan kaki biasa.

Naik dan turun tangga juga membuat denyut jantung menjadi lebih teratur dan menguatkan otot.

Sementara itu, dr Michael Triangto SpKO dari RS Mitra Kemayoran juga menganjurkan Anda untuk naik dan turun tangga jika memang tak sempat berolahraga di waktu bekerja.

"Hindari naik lift. Kemudian, usahakan mengambil minum sendiri, tanpa menyuruh office boy juga bisa, lama-kelamaan kita akan terbiasa mandiri sambil membakar kalori," tutur dr Michael kepada detikHealth beberapa waktu lalu dan ditulis pada Rabu (19/8/2015).

Dikutip dari Web MD, pakar obesitas dari Fortis Jessa Ram Hospital, dr Sukhvinder Singh Saggu, menyebutkan ketika berat badan sudah turun, kunci utama mempertahankannya adalah dengan tetap aktif bergerak.

Cara ini bisa dilakukan dengan melakukan berbagai kegiatan pembakar kalori. Jumlah kalori yang dibakar rata-rata per hari idealnya adalah 2.000 untuk pria dan 1.600 untuk wanita. Dikatakan dr Saggu, misalnya naik dan turun tangga membakar 100 kalori.

kaos ukuran besar XXXXXL
Naik Turun Tangga, Trik Simpel Tetap Aktif Meski Sibuk di Kantor
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email