Kamis, 27 Agustus 2015

Pansel Didesak Pilih Capim yang Berintegritas Agar Tak Jadi Kuda Troya untuk KPK

Pansel Didesak Pilih Capim yang Berintegritas Agar Tak Jadi Kuda Troya untuk KPK
Jakarta -Detik.com  Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) KPK diwanti-wanti agar memilih calon yang terbaik. Jangan sampai salah pilih, memilih Capim yang merusak KPK dari dalam alias menjadi kuda troya. Kini tersisa 19 Capim yang sudah menjalani tes wawancara, dan yang lolos dari tes ini harus yang terbaik.

"Visi calon KPK itu bukan lembaga negara penting, adhoc dan bisa dibubarkan saya pikir calon-calon punya pandangan kuda troya soal korupsi kedepan, ini bila dipilih bukan menguatkan KPK, tapi sebagai garda depan hancurkan KPK," jelas aktivis Indonesia Legal Round Table (ILR), Erwin N Oemar dalam jumpa pers di ICW, Kamis (27/8/2015).

Dalam jumpa pers itu hadir sejumlah elemen Koalisi Masyarakat Sipil antara lain dari ICW, LBH Jakarta, PSHK, dan Transparansi Indonesia. Erwin melihat sebagian besar para Capim memiliki pandangan mengedepankan pencegahan.

"Ketika kami konfirmasi hampir 70% pencegahan bukan penindakan ini jadi problem Pansel kedepan," urai dia.

Sementara dari aktivis dari PSHK, Miko Ginting mengingatkan agar Pansel benar-benar memilih orang-orang bersih, bebas kepentingan.

"Menentukan dengan detil cermat dan hati-hati karena situsi KPK dalam tahap kritis," terang Miko.

Miko juga mengingatkan agar Pansel memperhatikan jawaban para Capim mulai dari urusan LHKPN, visi misi mereka tentang pemberantasan korupsi, juga soal relasi bisnis, dan bagaimana mereka membawa KPK ke depan.

"KPK tetap harus menjadi lead dalam pemberantasan korupsi," tutup dia.
(dra/dra)

kaos ukuran besar XXXXXL
Pansel Didesak Pilih Capim yang Berintegritas Agar Tak Jadi Kuda Troya untuk KPK
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email