Rabu, 23 September 2015

Innalillahi, Pengacara Senior Adnan Buyung Nasution Meninggal Dunia


Adnan Buyung Nasution
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengacara senior Adnan Buyung Nasution meninggal dunia di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Jakarta pada pukul 10.17 WIB. Kabar duka itu disampaikan melalui pesan singkat, salah satunya dari Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana di Jakarta, Rabu (23/9).
"Innalilahi wainalillahi rojiun, Kabar Duka dari Bang Adnan Buyung Nasution, telah meninggal Dunia hari ini setelah dirawat di ICU," kata Ari.

Tak lama berselang Menteri Perindustrian Saleh Husin menyebutkan hal serupa dalam pesan singkatnya. "Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, telah Wafat di RSPI jam 10.17 WIB pagi ini, kami ikut duka cita yang amat dalam, semoga almarhum Bang Adnan Buyung Nasution, khusnul khatimah, aamiin, yaa, robbal 'aalamiin ...," katanya.

Pria dengan nama lahir Adnan Bahrum Nasution itu lahir di Jakarta, 20 Juli 1934, dan telah sejak muda berkiprah di bidang hukum. Selain itu, ia juga menjadi aktivis sejak masa mudanya sampai ia wafat.
Salah satu organisasi yang didirikannya adalah Lembaga Bantuan Hukum (LBH). Pada tahun 2007-2009, Adnan Buyung Nasution dilantik sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bagian Hukum.

Ini Profil Almarhum Adnan Buyung Nasution


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Innalillahi, pengacara senior Adnan Buyung Nasution meninggal dunia saat sedang dirawat di Rumah Sakit Pondok Indah pada Rabu (23/9) pagi ini. Adnan Buyung Nasution atau Adnan Bahrum Nasution lahir di Jakarta pada 20 Juli 1934.

Sejak muda, ia merupakan aktivis dan salah satu organisasi yang didirikannya adalah Lembaga Bantuan Hukum (LBH). Pada 2007-2009 dalam pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Adnan Buyung menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Adnan Buyung mengenyam pendidikan di SMA Negeri 1 Jakarta dan kemudian melanjutkan ke Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB). Tak hanya itu, ia juga mengenyam pendidikan di bidang hukum di Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Indonesia (UI). Pendidikan di bidang hukum ia lanjutkan di Universitas Melbourne Australia dan Universitas Utrecht Belanda.

Selama kiprahnya di bidang hukum di Indonesia, Adnan Buyung menjadi jaksa dan Kepala Humas di Kejaksaan Agung pada 1957-1968. Ia juga menjadi Ketua Kesatuan Aksi Sarjana Indonesia (KASI) pada 1966.

Ia juga pernah menjadi anggota DPRS/MPRS pada 1966-1968. Ia menjadi advokat dan konsultan hukum di Adnan Buyung & Associates dari 1969 hingga sekarang. Ia mendirikan LBH dan menjadi pengurus di sana pada 1970-1986.

Sedangkan menjadi Ketua Umum Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) pada 1981-1983. Dia pernah ditunjuk menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Hukum pada 2007-2009.

Selamat jalan Bang Buyung..

kaos ukuran besar XXXXXL
Innalillahi, Pengacara Senior Adnan Buyung Nasution Meninggal Dunia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email