Jumat, 09 Oktober 2015

Hal yang Perlu Dilakukan Istri pada Suami Setiap Hari



Sahabat Ummi, istri itu milik suaminya, penting bagi setiap istri untuk mengetahui hal-hal apa sajakah yang perlu dilakukan setiap harinya terhadap sang suami. 

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yg bermaksud: “Empat perempuan yang berada di Neraka ialah: Perempuan yang kotor mulutnya terhadap suaminya. Jika suaminya tidak ada di rumah ia tidak menjaga dirinya & jika suaminya bersamanya ia memakinya (memarahinya). Perempuan yang memaksa suaminya untuj memberi apa yang suami tidak mampu. Perempuan yang tidak menjaga auratnya dari kaum laki-laki & memperlihatkan kecantikannya (untuk menarik kaum laki laki). Perempuan yang tidak mempunyai tujuan hidup kecuali makan minum & tidur, & ia tidak mau berbakti kepada Allah & tidak mau berbakti kepada RasulNya dan tidak mau berbakti kepada suaminya.”  

Lalu apa yang harus dilakukan istri setiap hari untuk suaminya? Yuk kita cek bersama: 

1. Meminta izin suami jika bepergian ke luar rumah 

Sahabat Ummi masih suka diantar jemput suami? Entah ke pasar, swalayan, atau  tempat kerja? Hmm... Bagus sekali kalau iya! Jangan lupa cium tangan suami saat meminta izinnya, biar lebih mesra.
Meminta izin setiap kali ke luar rumah mencerminkan seorang istri yang mengerti adab rumah tangga.
Ibnu Muflih al hambali berkata:
“Diharamkan bagi seorang wanita keluar rumah suaminya tanpa seizinnya, kecuali karena darurat atau kewajiban syari’at”. (Adab Syar’iyyah: 3/375) 

2. Menyenangkan suami setiap ia memandang kita 

Laki-laki lemah di penglihatannya. Maksudnya, para suami mudah terpikat hal-hal yang cantik dan indah.
Kalau suami senang melihat kita pakai daster, yaa pakailah daster. Kalau suami tidak suka, silakan pakai yang disukai suami!
Belajar make up sederhana untuk suami di rumah juga penting. Kita tahu bahwa saat ini banyak perempuan di layar kaca yang berhias demikian moleknya, jangan mau kalah cantik untuk suami. 

3. Membantu suami merapikan penampilannya 

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berkata kpd Siti Fatimah: “Ya Fatimah, apabila seorang wanita meminyakkan rambut suaminya & janggutnya, memotong kumis & menggunting kukunya maka Allah akan memberinya minum dari air Surga yg mengalir di sungai sungainya & diringankan Allah baginya sakaratul maul & akan didapatinya kuburnya menjadi sebuah taman yg indah & taman taman Surga.

4. Mensyukuri apa yang suami lakukan untuk istri 

Setiap suami pulang bekerja, sambutlah dengan wajah ceria sebagai ungkapan berterimakasih padanya.
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yg bermaksud: “Jika seorang isteri berkata kepada suaminya: Tidak pernah aku melihat kebaikanmu sama sekali, maka hancur leburlah pahala amal kebaikannya.” 

5. Sigap memenuhi kebutuhan biologis suami

Tidak ada alasan bagi seorang istri menolak ketika suami menginginkannya di tempat tidur. Meski demikian, suami pun harus melihat kondisi istrinya apakah sedang sakit atau sehat.
Sahabat Ummi, ridho Allah ada pada ridho suami, maka lakukanlah hal-hal yang menjadi kewajiban istri pada suami. 

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yg bermaksud: “Pertama urusan yg ditanyakan kpd isteri pd hari Kiamat nanti ialah mengenai sholatnya & mengenai urusan suaminya (apakah ia menjalankan kewajibannya terhadap suaminya atau tidak).“
Dari berbagai sumber
Foto: google

kaos ukuran besar XXXXXL
Hal yang Perlu Dilakukan Istri pada Suami Setiap Hari
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email