Senin, 09 November 2015

Jadi Politeknik, STAN Punya Program Studi D1 Sampai S3

Hasil gambar untuk gambar stan kemenkeu 

Detik.com -Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) telah bertransformasi menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN). Sekarang PKN STAN tidak hanya menyediakan program studi diploma (D1-D4), namun juga sarjana (S1) hingga strata 3 (S3) atau doktor.

Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Keuangan‎ (Kemenkeu) Sumiati menjelaskan proses persiapan transformasi ini sudah berlangsung cukup lama. Melalui kajian, studi banding serta menyelesaikan proses administrasi di Kementerian Ristek dan Dikti serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

"Ini semua telah dilalui. Memang bukan sesuatu yang mudah mengubah identitas STAN yang telah memiliki kapasitas nasional. Terlebih nomenklatur tapi juga seluruh proses bisnis dan sistem pengelolaan kampus," ujarnya ‎dalam peresmian PKN STAN di Kampus PKN STAN, Bintaro, Tangerang Selatan, Senin (9/11/2015)

Acara peresmian PKN STAN juga dihadiri oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro yang membawahi lembaga pendidikan di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini.

‎Transformasi ini memiliki dasar hukum Peraturan Menteri Keuangan Nomor 137 PMK 01/ 2015 yang diterbitkan pada 15 Juli 2015. Perubahan ini memiliki dampak mendasar, sebab kampus STAN tidak hanya sampai dengan Diploma 4 (D4).

"Perubahan ini dampak mendasar, STAN yang hanya D4 kini dapat hingga program doktoral S3," kata Sumiati.

Secara organisasi, PKN STAN akan disesuaikan dengan kampus pada umumnya, misalnya dari sisi tenaga pengajar (dosen). Sumiati menyatakan, selama ini belum ada dosen tetap, bahkan juga tidak bisa menarik dosen dari luar Kemenkeu.

"STAN belum pernah memiliki dosen tetap, dengan perubahan ini harapkan positif pada kultur STAN sebagai profesional dapat mengembangkan Ilmu di bidang negara di Kemenkeu atau mitra kemenkeu," terangnya.

Beberapa proses yang sudah selesaikan di antaranya adalah penyusunan statuta sebagai pedoman dasar dari sistem pelaksanaan kampus. Selanjutnya pembukaan lowongan untuk dosen, baik dari dalam maupun luar Kemenkeu dan instansi pemerintah lainnya.

"Kami sudah lakukan profiling dan assessment untuk tenaga pendidikan. Sehingga nantinya bisa mengembangkan program D1, ‎D3, D4, dan pasca sarjana S2 dan S3. Prosesnya akan dilakukan mulai dari sekarang sampai 2017 dan 2018 bisa dimulai," tukasnya.

(mkl/hen)

kaos ukuran besar XXXXXL
Jadi Politeknik, STAN Punya Program Studi D1 Sampai S3
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email