Selasa, 24 November 2015

Kupas Tuntas Detail Ubahan Kijang Innova


Jakarta, KompasOtomotif – All-New Innova berubah total dari generasi sebelumnya. Ditinjau dari proses produksi, 95 persen komponennya baru dengan klaim kandungan lokal sampai 85 persen.

Hasilnya, seperti bisa dilihat saat debut, Senin (23/11/2015), generasi keenam Kijang ini sekarang tampil jauh lebih modern.

Pertama yang perlu diketahui, dimensi All-New Kijang Innova membesar dari generasi sebelumnya. Bodinya memanjang 15 cm menjadi 4,735 m, melebar 5,5 cm (jadi 1,795 m), dan meninggi 4,5 cm (1,795 m). Meski begitu jarak poros roda tetap sama dan sasis tidak berubah masih menggunakan ladder frame berpenggerak roda belakang.

Innova terbaru punya tiga tipe, G, V, dan Q. Ketiganya diberi pilihan mesin bensin 1TR-FE 1.998 cc berteknologi dual VVT-i bertenaga 139 PS dan torsi 18,7 kgm dan diesel 2GD-FTV 2.393 cc dengan variable nozzle turbo (VNT) 149 PS dan torsi 34,9 kgm.

Pilihan transmisi tetap dua, manual 5-percepatan dan yang terbaru otomatis 6-percepatan. Suspensi depan menggunakan double wishbone dengan pegas koil dan stabilizer, sedangkan di belakang memakai 4-link dengan pegas koil dan lateral rod.

Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan saat peluncuran, tema perubahan mengarah ke grand tourer. Bos desain Toyota Motor Corporation Hiroki Nakajima menambahkan, Innova baru dikembangkan setelah mejalani riset merasakan kondisi jalan dan lingkungan di berbagai negara, terutama Indonesia.

Tampilan
Innova menjadi penerus Kijang sejak meluncur pada 2004. Sebelas tahun kemudian, generasi keduanya muncul seperti yang bisa kita lihat sekarang. Desain ekterior All-New Innova digarap memberi kesan modern sekaligus tangguh.
Bentuk gril besar untuk mengakomodasi kebutuhan udara untuk mesin yang lebih bertenaga. Desain wajah makin serius dan berkarakter dengan kombinasi lampu proyektor dan daytime running light.  Lampu sein depan kini berada di bawah, di samping lampu kabut.
Keseluruhan desain mengikuti model-model modern Toyota sekaligus menyesuaikan kebutuhan pasar global.
Di belakang, ada elemen yang sama seperti Grand New Avanza. Lampu belakang berbentuk segitiga terbalik dan didampingi reflector light mengarah ke plat nomor. Semua tipe menggunakan antena sirip hiu. Semua tipe menggunakan pelek 16 inci, khusus tipe tertinggi, Q diesel, memakai 17 inci dengan desain berbeda.


Febri Ardani/KompasOtomotif Interior Toyota All-New Kijang Innova tipe tertinggi, Q M/T diesel.
Interior

Sama halnya dengan eksterior, interior Innova terbaru berubah total. Perubahannya mirip All-New Hilux yang sudah meluncur sebelumnya, tapi Innova punya fitur lebih lengkap.

Nuansa kabin elegan dengan warna hitam dan terdapat aksen kayu pada dasbor (tipe Q dan V). Kemudi bisa diatur naik-turun dan maju-mundur, di boks penyimpan di bawah dasbor bisa jadi pendingin minuman, dan menggunakan layar monitor dengan sistem hiburan baru.

Febri Ardani/KompasOtomotif Illumination LED pada plafon Toyota All-New Kijang Innova (tipe Q dan V).

Hal baru yang bikin Innova makin mewah, terdapat lampu illumination LED di plafon, intensitas terangnya bisa diatur. Selain itu terdapat meja lipat di belakang jok depan seperti desain pesawat terbang komersial (tipe Q dan V).
 

Febri Ardani/KompasOtomotif Meja lipat jadi faktor pengangkat nuasan mewah pada kabin Toyota All-New Kijang Innova.






Fitur
All-New Innova punya fitur kantong udara di tujuh lokasi pada tipe tertinggi, Q diesel. Letaknya di depan jok pengemudi, depan jok penumpang depan, depan lutut pengemudi, samping jok pengemudi, dan tiga jendela samping. Tipe lainnya hanya punya kantong udara di depan pengemudi dan penumpang depan serta lutut pengemudi.
Fitur lainnya, ISOFIX, anti-lock braking system (ABS), hill assist control (Tipe Q diesel), vehicle stability control (tipe Q diesel), all auto window (tipe Q), smart entry key (tipe Q), sensor parkir, immobilizer, mode berkendara (normal, ECO, dan Power).

Harga
All New Innova dijual paling murah Rp 282 juta hingga yang termahal Rp 423,8 juta, harga itu terhitung on the road Jakarta melalui diler Auto2000. Tersedia enam pilihan warna, super white 2, silver metallic, avant garde bronze, dark gray mica metallic, attitude black, dan alumina jack.

kaos ukuran besar XXXXXL
Kupas Tuntas Detail Ubahan Kijang Innova
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email