Selasa, 05 Januari 2016

'Jumenengan' Paku Alam X, Besok Sejumlah Ruas Jalan di Yogyakarta akan Ditutup



Keluarga dan kerabat Paku Alam melakukan gladi upacara adat 
jumenengan atau penobatan Paku Alam X di Bangsal Sewatama, 
Puro Pakualaman, DI Yogyakarta, Minggu (3/1)
REPUBLIKA.co.id, YOGYAKARTA -- Pengangkatan atau jumenengan KGPH Suryodilogo sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati (KGPA) Paku Alam X akan dilaksanakan, Rabu (7/1) mendatang. KGPA PA X diangkat menjadi Adipati Kraton Pakualaman menggantikan ayahandanya Paku Alam IX yang wafat Desember 2015 lalu.

Prosesi jumenengan/Paku Alam X ini direncanakan dimulai pukul 08.00 WIB. Sejumlah ruas jalan sekitar Kraton Pakualaman akan ditutup selama prosesi berlangsung.

Menurut Ketua Panitia II Jumenengan KGPA Paku Alam X, KRMT Tirtonegoro, sedikitnya ada enam penggal jalan yang akan ditutup selama prosesi jumenengan berlangsung. Keenam penggal jalan ini antara lain Jalan Sultan Agung, Jalan Surya Prawiran, Jalan Harjono, Jalan Jayeng Prawiran, Jalan Harjowinoto dan Jalan Masjid.

"Ini yang ditutup saat proses jumenengan pagi hari. Dan sorenya ada beberapa ruas jalan juga ditutup karena untuk prosesi kirab KGPA Paku Alam X," katanya saat paparan pers pada persiapan upacara jumenengan di Kraton Paku Alaman, Senin (4/1).

Sejumlah jalan yang ditutup saat sore hari karena untuk kirab antara lain, Jalan Sultan Agung, Jalan Gadjah Mada, Jalan Bausasran, Jalan Gayam, Jalan Kusumanegara. Kirab akan dimulai pukul 14.00 WIB.

Saat upacara jumenengan tersebut sedikitnya ada 1.500 tamu undangan yang akan hadir di Kraton Pakualaman.

kaos ukuran besar XXXXXL
'Jumenengan' Paku Alam X, Besok Sejumlah Ruas Jalan di Yogyakarta akan Ditutup
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email